Pentingnya Membuat Website Untuk UKM di Indonesia

/ / Jasa Pembuatan Website Perusahaan, Tips Jasa Pembuatan Website

Sepertinya sudah bukan hal yang harus kami sampaikan lagi mengenai betapa pentingnya membuat website untuk UKM di Indonesia. Namun mungkin masih ada beberapa diantara Anda yang masih belum yakin tentang pentingnya website untuk menjalankan bisnis di Indonesia, terutama level UKM. Sedikit bercerita, pada awal-awal kami berdiri tahun 2012, kami selalu mempromosikan website dengan harga yang sesungguhnya (mahal). Harga website yang sesungguhnya adalah 15 sampai dengan 30 juta. Namun, kami mendapati fakta yang buruk. Penjualan kami hampir tidak ada!. Ini disebabkan karena Indonesia belum 100% menginjakan kaki ke era digital pada tahun 2012. Orang lebih suka menginvestasikan uang ke barang fisik dibandingkan barang digital. Hasilnya? mereka tertinggal jauh dari orang-orang kreatif di luar negeri yang sudah besar-besaran menginvestasikan uang ke produk digital seperti website atau aplikasi mobile. Begitulah bisnis, jika Anda tidak cepat tanggap akan masa depan maka Anda akan segera gulung tikar. Namun, semakin kesini kami merasa ada hal yang berubah dari habbit orang-orang di Indonesia. Yang tadinya kami pasang harga murah, perlahan mulai beralih ke harga website yang sesungguhnya. Kami mulai menyadari bahwa kini, Indonesia mulai menginjakan satu kaki ke era digital. Kami semakin yakin bahwa orang Indonesia semakin bersinergi dengan dunia internet. Kini, semua sudah serba online bukan? ngojek? belanja baju? beli sepatu? beli tiket?. Masa iya Anda membiarkan bisnis Anda tidak online? mau dapat order darimana?. Sebagai informasi, Anda bisa melihat data pengguna internet di Indonesia sebagai berikut:

Dari data diatas, Anda bisa melihat pertumbuhan pengguna internet di Indonesia. Semakin kesini, semakin gila bukan? Pada tahun 2017 saja sudah mencapai 143.000.000 pengguna internet. Dari angka ini, Anda bisa berangan-angan seperti ini :

Jika 1 produk yang Anda jual keuntunganya Rp. 5.000 rupiah saja. Pengguna internet di Indonesia tahun 2017 ada 143.000.000 jiwa bukan?. Asumsikan mereka semua membeli produk Anda di internet. Anda tinggal kalikan saja : Rp 5.000 X 143.000.000 untuk melihat keuntungan yang Anda dapatkan. Banyak pokoknya ya.

Ya begitulah jika Anda menggunakan website dan berbagai media online lainya dalam berbisnis. Anda bisa menjangkau penjualan ke seluruh pelosok Indonesia, bahkan dunia.

Oh iya, menurut penelitian yang dilakukan oleh Google dan Temasek, periode 2015-2020, proyeksi pertumbuhan rerata tahunan (CAGR) Indonesia adalah 19 persen. Ini menyatakan bahwa pertumbuhan pengguna internet di Indonesia adalah salah satu yang paling besar di dunia. Berikut statistiknya :

Nah, jadi masih mau jadi pentonton saja? make your choice 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *