Tips

5 Tips Mengedit Foto dari Smartphone

Smartphone saat ini sudah sangat pintar sampai-sampai semua hal bisa kita temui di dalamnya, bahkan kadang rasanya hampir sama dengan menggenggam sebuah komputer.
Pada kenyataannya, karena memiliki banyak fitur di dalamnya, smartphone juga merupakan salah satu alat andalan para fotografer profesional. Zaman sekarang, para fotografer banyak menggunakan smartphone untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka. Apakah untuk alat bantu, maupun sebagai kamera utama mengambil gambar-gambar cepat.
Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh smartphone adalah mengedit foto dengan cepat dan mudah. Karena, setelah mengedit dengan foto, kita bisa langsung membagikannya lewat berbagai macam channel. Baik melalui pesan singkat, email, maupun ke media sosial.
Tapi, jangan sampai kita asal menupload foto begitu saja, sebaiknya kita memanfaatkan editor foto online sehingga kita bisa memaksimalkan foto yang ada menjadi lebih menarik.
Berikut ini adalah beberapa tips mengedit foto di smartphone kamu.

1. Jangan Mengedit Berlebihan

Tidak perlu bingung. Memang, baru saja dijelaskan bahwa kita perlu untuk mengedit foto agar lebih menarik. Tapi jika kita memiliki mental untuk “meminimalisir mengedit foto” maka kita akan memaksimalkan pengambilan foto menjadi maksimal. Saat foto yang diambil maksimal, maka proses editing yang perlu dilakukan akan lebih sedikit dan lebih mudah. Menjadikan foto tidak rusak atau turun kualitasnya dari foto asli.
Intinya, hindari proses editing berlebihan sampai mengubah aspek “real” dari foto yang sudah kita ambil tersebut. Perhatikan elemen-elemen natural yang menjadikannya sebuah foto yang menarik, terutama komposisi dan eksposur cahaya.

2. Setelan Tampilan Smartphone

Jangan lupa untuk mengkalibrasi setelan tampilan smartphone kita. Kita tahu bahwa tampilan layar di setiap smartphone berbeda. Bisa jadi tampilannya lebih terang, lebih gelap, lebih biru, atau lebih kuning. Semuanya bisa diatur di masing-masing smartphone.
Pastikan bahwa objek foto yang kita lihat memiliki tampilan yang sama saat ada di layar smartphone. Mulai dari cahaya sampai dengan warna. Sehingga kita akan lebih mudah melakukan editing.

3. Gunakan Editor Foto Online

Kita tentu bisa saja menggunakan editor foto yang ada di dalam smartphone. Tapi itu semua tidak terlalu membantu untuk beberapa hal. Ada beberapa fitur yang biasanya tidak ada di sana. Karenanya, kita bisa mencoba untuk menggunakan editor foto online, yang tentunya bisa diakses kapan pun melalui Internet.
Ada berbagai macam jenis editor foto online. Mereka biasanya akan memiliki fitur menambah grafis, menambah teks, memberikan template kolase sampai dengan memberikan frame yang menarik. Biasanya editor foto online juga tetap memiliki fitur pengaturan cahaya dan warna.

4. Simpan Secara Terpisah

Jangan sampai kita menyimpan (save) foto lama dengan yang baru. Pisahkan foto yang sudah diedit dan foto asli. Hal ini agar nantinya kita bisa melakukan editing ulang pada foto asli jika memang diperlukan.
Banyak orang sering kali menyimpan foto editan dan menimpa file yang lama. Padahal, hal tersebut tidaklah bijak. Foto yang diedit seringkali tidak sesuai dengan yang diinginkan. Dengan kata lain, mengedit foto dari foto editan tidaklah mungkin maksimal. Karenanya menyimpan file foto asli harus dilakukan.

5. Keep It Real

Hal lain yang perlu diketahui adalah jangan berlebihan dalam mengedit foto. Baik itu menggunakan aplikasi editor foto bawaan smartphone, aplikasi pihak ketiga, maupun situs editor foto online.
Hal ini karena mengedit foto secara berlebihan bisa mengurangi kualitas foto. Foto yang terlalu gelap misalnya, jika diedit terlalu terang nantinya akan terlihat pecah-pecah. Sementara foto yang terlalu terang, jika diredupkan akan kehilangan ketajamannya.
Karenanya, penting untuk tetap menjaga kualitas pengambilan foto. Sehingga ketika foto diedit, foto tidak perlu diubah terlalu ekstrem atau berlebihan.

Foto: iStock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *