Apa Perbedaan Google AdWords dan SEO?

/ / Tips Bisnis Online, Tips Jasa Pembuatan Website

Selamat datang kembali di blog internet marketing indowebxpress.com. Pada artikel dan kesempatan kali ini kami akan membahas apa yang seharusnya sudah dibahas beberapa tahun lalu. Kenapa begitu? karena banyak sekali yang belum paham bahkan belum tahu tentang Google AdWords maupun SEO dan sudah banyak sekali yang menanyakanya namun kami belum sempat menjelaskanya dalam sebuah artikel. Pagi ini, setelah sampai kantor kami langsung sepakat untuk membuat artikel tentang Apa Perbedaan Google AdWords dan SEO khusus untuk Anda yang benar-benar ingin tahu metode iklan mana yang paling tepat untuk bisnis/usaha Anda. Bagi Anda yang belum tahu apa itu Google AdWords dan SEO, kami akan menjelaskan secara singkat (banget) terlebih dahulu agar lebih mudah memahami artikel ini. Baik, jadi apa itu Google AdWords dan SEO? Intinya atau gampanganya Google AdWords atau SEO adalah sebuah type iklan dengan tujuan agar website Anda bisa tampil di halaman pertama Google. Jadi fungsi keduanya memang sama, sama-sama membuat website Anda berada di halaman pertama Google agar mudah ditemukan oleh orang yang ingin memakai jasa atau produk Anda. Nah, jika memang fungsinya sama terus apa perbedaan Google AdWords dan SEO? dan kira-kira mana yang lebih cocok untuk bisnis/usaha Anda? Anda akan segera menemukan jawabanya di artikel ini. Seduh kopi Anda sekarang juga.

1. Perbedaan Secara Tampilan di Halaman Pertama Google

Amati screenshoot berikut ini agar Anda paham betul, mana Google AdWords dan SEO

Sudah paham kan? Google AdWords ada dibagian paling atas dengan diberikan keterangan Iklan. Karena memang Google AdWords itu iklan, sedangkan SEO itu bukan iklan. SEO itu organik atau memang dasarnya website indowebxpress.com itu punya reputasi baik di Google. Sebuah perusahaan terpercaya dan diverifikasi oleh Google.

2. Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing

  • Kelebihan Google AdWords
    • Budget/harganya fleksibel. Anda bisa menggunakan budget berapapun untuk iklan, tidak dipatok harga khusus. Makin besar budget, makin sering tampil di halaman pertama Google.
    • Pengerjaan cepat, setelah iklan dibuat maka website Anda akan segera tampil di halaman pertama Google.
    • Umur website tidak ada ketentuan. Website baru jadipun bisa langsung iklan.
    • Tidak ada resiko gagal, 100% pasti berhasil. Tapi bisa ditolak oleh Google jika Anda mengiklankan produk yang tidak baik seperti rokok, narkoba, dvd bajakan, dll.
  • Kekurangan Google AdWords
    • Anda harus membayar setiap bulanya agar website Anda berada di halaman 1 Google.
    • Bersifat iklan atau non organik, semua orang bisa melakukanya tidak butuh reputasi bagus.
    • Tidak selalu tampil dihalaman pertama Google, kadang tampil kadang tidak tergantung banyak sedikitnya saldo iklan Anda. Makin banyak saldo iklan, makin sering tampil di halaman pertama Google.
    • Saldo iklan Anda akan berkurang jika iklan Anda diklik, jika saldo habis maka Anda harus isi ulang lagi.
  • Kelebihan SEO
    • Pembayaran hanya terjadi sekali diawal saja, selanjutnya tinggal panen order
    • Tidak menggunakan saldo iklan, jadi kalau website Anda diklik, tidak ada saldo berkurang. Justru semakin banyak diklik, semakin bagus reputasinya.
    • Bersifat organik atau non iklan, artinya website Anda memang punya reputasi dan diprioritaskan Google.
    • Terus tampil selama 24 jam tanpa ada yang mengganggu.
  • Kekurangan SEO
    • Harganya mahal (relatif).
    • Pengerjaanya lama. Waktu normal 3 bulan, jika tidak beruntung bisa sampai 2 tahun baru bisa dihalaman pertama Google.
    • Ada resiko gagal meskipun kecil kemungkinanya. Kami bisa refund namun hanya 30% saja, bahkan mungkin tidak bisa refund sama sekali (tergantung bidang bisnis).
    • Umur website sangat diperhitungkan, minimal 3 bulan setelah website jadi.
    • Hanya menerima website dengan kualitas baik. Jika website murah atau banyak spam/linkout, langsung kami tolak.

3. Mana Yang Cocok Dengan Bisnis Anda?

Jika Anda ingin mengorbitkan brand/merk usaha Anda, gunakan Google AdWords. Tapi jika hanya ingin dapat order saja, gunakan SEO. Kalau ada budget lebih, kenapa tidak keduanya?

 

4. Perbedaan Report / Statistik Keduanya

Tampilan report data Google AdWords :

Pada keterangan diatas, artinya kami/Anda sudah menghabiskan Rp. 72.727 untuk 33 klik (diklik ke website Anda) dan 1.179 impression (dilihat saja, tanpa diklik). Informasi saja, kami mengunkana keyword “jasa pembuatan website” yang memang salah satu keyword paling mahal di Indonesia. Jika untuk bisnis Anda, 72.727 mungkin sudah dapat 150 klik lebih.

Tampilan report data SEO :

Pada keterangan diatas, artinya kami memperolah 1.227 klik untuk keyword “jasa pembuatan website”. Sedangkan keyword dibawahnya adalah keyword lain yang juga masuk ke website kami. Dan itu semua organik tanpa saldo iklan apapun.

Coba Anda bayangkan jika 1.227 orang mengunjungi website Anda dalam 1 bulan dan semuanya order produk/jasa Anda. Jika keuntungan 1 produk Anda Rp. 10.000 saja, maka sebulan Anda mendapatkan Rp. 10.227.000. Bagaimana jika kentungan 1 produk Anda Rp. 100.000? silahkan dihitung sendiri ya.

Baik, kami rasa cukup jelas ya perbedaan diantara keduanya. Semua bagus, hanya saja Anda harus memilih mana yang tepat untuk bisnis Anda dan tergantung dari budget di kantong Anda saat ini. Untuk info lebih jelasnya, jangan ragu untuk menghubungi kami 🙂

Salam sukses selalu, majulah per-ekonomian Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *